Menyilang Anthurium


Menyilang anthurium untuk menghasilkan jenis baru, kini bukan monopoli lembaga penelitian, akan tetapi juga bias dilakukan sendiri jika kita mau. Hanya saja memang tidak mudah, perlu kejelian, ketelitian, ketekunan dan kesabaran. Kasus yang acapkali terjadi adalah, seringkali tongkol anthurium gagal menjadi buah setelah dilakukan persilangan.

Bagaimana cara menyilang anthurium? Berikut ini saya share pengalaman teman yang dikemarin di kirim via e-mail kepada saya:

Pertama-tama yang harus disadari adalah bahwa menyilang anthurium memang bukan perkara mudah. Seringkali, antara serbuk sari dan putik yang letaknya sama-sama beada di tongkol bunga itu, kematangannya tidak sama. Seringkali putiknya duluan yang matang baru kemudian , serbuk sari yang warnanya putih kekuningan keluar dari tongkol. Jika kondisinya demikian, akan susah menghasilkan buah, tidak akan terjadi proses penyerbukan serumpun.

Siapkan anthurium indukan yang memiliki karakter bagus dengan jenis yang berbeda. Untuk memudahkan kita sebut (A) dan (B). Keduanya dipelihara bersama-sama. Kemudian pilihlah beberapa tongkol pada anhturium (B) yang akan disilangkan. Jika anthurium (B) sudah keluar madunya, atau cairan seperti embun. Kemudian jika anthurium (A) sudah keluar serbuk sarinya (tempatnya dipermukaan tongkol dengan warna putih kekuning-kuningan).

Langkah berikutnya, ambil dengan kuas serbuk sari dari anthurium (A). Setelah serbuk sari menempel pada kuas, dengan kuas pula, oleskan atau taburkan pada Anthurium (B) yang sudah keluar madunya. Biarkan terjadi proses penyerbukan.

Tinggal menunggu saja. Tongkol antrurium (B) akan berkembang menjadi buah, bentuknya kecil-kecil. Buah baru bisa disemaikan setelah berumur 9-10 bulan dari penyerbukan. Tanda-tanda bisa disemai, jika buah warnanya merah. Untuk menanamnya, kupas sampai dapat bijinya, lalu semaikan. Media tanam yang digunakan pakis 100, atau dicamur antara pakis dengan arang sekam dengan perbandingan 1:1. Selamat mencoba, semoga sukses.

Sekadar catatan. Agar tongkol segera menjadi buah, anthurium membutuhkan kandungan P yang tinggi.

post signature

Atau klik ke:

Del.icio.us Add to del.icio.us Digg DiggIt! Reddit Reddit Stumbleupon Stumble This Google Bookmarks Add to Google Bookmarks Yahoo My Web Add to Yahoo MyWeb Technorati Add to Technorati Faves Slashdot Slashdot it

Posting Terkait:



Widget by Hoctro | Jack Book