Saat Mentari Cerah, Bersinar Bunga Matahari


Tentu bunga ini tak asing bagi kita semua. Jika berbunga, bentuknya yang bulat tak ubahnya cawan dengan mahkota seperti pita. Diantara panasnya sinar mentari, warna kuning bunga ini menonjol menembus setiap kornea mata yang melihatnya. Bunga ini selalu mengikuti arah perjalanan matahari. Saat siang hari, saat kehangatan mentari menyinari bumi, bunga ini dengan gagahnya tegak berdiri dan sebaliknya, saat mentari tenggelam diufuk barat hingga fajar pagi. Ke gagahan bunga mentari tak kelihatan. Ia tertunduk lelap.

Nama latin bunga matahari adalah helianthus annuus. Bunga berwarna kuning ini merupakan tumbuhan tahunan. Disebut bunga matahari, salah satunya, karena tumbuh kearah matahari. Dalam klasifikasi ilamiahnya, bunga matahari masuk dalam kerajaan Plantea, divisionya Mahnoliophyta, kela Mafnoliopsida. Ordonya Asterales, Falilia Asteraceae, genusnya Helianthus.
Banyak khasiat dari bunga ini. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside A-B-C, asam oleanolat, dan asam echinocystat. Untuk bijinya, terdapat kandungan beta sitosterol, prostagladin E, asam chlorogenic, asam quinat, phytin, dan 3-4 benzopyrine. Dalam setiap setiap seratus gram minyak biji bunga matahari, terdapat lemak dengan total seratus, yang terdiri dari lemak jenuh 9,8 dan lemak tak jenuh (oleat) sebanyak 11,7. Selebihnya terdapat linoleat sebanyak 72,9 dan sisanya tak mengandung kolesterol.

Setiap bagian bunga ini memiliki khasiat. Bunganga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurasi rasa sakit. Sementara bijinya bisa digunakan sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan yang banyak. Sedang daunya, berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Demikian halnya akarnya, bisa untuk antiradang, pereda batuk, peluruh air seni, dan analgesik. Sumsum batangnya juga bisa dipakai untuk merangsang enegergi vital, menenangkan liver dan analgesik.

post signature

Atau klik ke:

Del.icio.us Add to del.icio.us Digg DiggIt! Reddit Reddit Stumbleupon Stumble This Google Bookmarks Add to Google Bookmarks Yahoo My Web Add to Yahoo MyWeb Technorati Add to Technorati Faves Slashdot Slashdot it

Posting Terkait:



Widget by Hoctro | Jack Book

1 komentar:

Ummu Aisyah mengatakan...

salam kenal mba titi...makasih sudah mampir yah..Wah ada postingan ttg bunga matahari...terima kasih..saya suka sekali bunga ini...^_


Filosofi nya pas ...

Salam hangat,
vera