Mawar Merah Putih

Bagi mereka yang hobi memelihara tanaman bunga, baik untuk kesenangan pribadi maupun untuk dijual kembali, terutama jenis tanaman bunga mawar (rose), kini bisa melihat dan menikmati hamparan jenis tanaman itu yang bunganya berwarna merah putih


Bagi mereka yang hobi memelihara tanaman bunga, baik untuk kesenangan pribadi maupun untuk dijual kembali, terutama jenis tanaman bunga mawar (rose), kini bisa melihat dan menikmati hamparan jenis tanaman itu yang bunganya berwarna seperti bendera kebangsaan kita, merah putih.

Ratusan batang pohon jenis tersebut ditanam pada bagian depan halaman gedung Wisma Cibodas dalam kompleks Kebun Raya Cibodas, di lereng Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Keberadaan ratusan tanaman bunga tersebut tidak lepas dari kerja keras para peneliti dan petugas Kebun Raya yang berusaha memperbanyak jenis tanaman tersebut melalui syitem stek. Dari seratus batang tanaman jenis itu yang dititipi oleh petugas Sekertariat Negara dua tahun lalu, kini telah menjadi sebanyak 800 batang pohon mawar.

Keberadaan jenis tanaman tersebut di Indonesia adalah atas pemberian pihak pemerintah Prancis melalui Perdana Menteri Jaques Chirac saat Presiden Megawati Soekarnoputri melakukan kunjungan kenegaraan beberapa tahun lalu. Bunga khusus berwarna merah putih itu, merupakan hasil rekayasa genetika dari para peneliti tanaman bunga di Prancis.

Besar ukuran kuntum bunga mawar merah putih itu yang kini tumbuh subur di Kebun Raya Cibodas, rata-rata berlingkaran antara 6 hingga 8 sentimeter. Pada tepian kelopak bunganya berwarna merah, sedangkan warna putih terdapat di bagian dalamnya.

Tanaman bunga mawar hasil perbanyakan tersebut oleh Kepala Kebun Raya Cibodas Ir Holif Immamudin diberi nama Rosa Megawatiae, dan hasil perbanyakan tanaman itu untuk sementara penyebarannya baru pada kebun raya di beberapa provinsi. Sedangkan untuk mereka yang hobi memelihara bunga mawar, bisa menghubungi langsung pihak Kebun Raya Cibodas.

Sumber: Pembaruan
http://www.situshijau.co.id/app/tulisan.php?act=detail&id=478&id_kolom=5

post signature

Atau klik ke:

Del.icio.us Add to del.icio.us Digg DiggIt! Reddit Reddit Stumbleupon Stumble This Google Bookmarks Add to Google Bookmarks Yahoo My Web Add to Yahoo MyWeb Technorati Add to Technorati Faves Slashdot Slashdot it

Posting Terkait:



Widget by Hoctro | Jack Book