Menanam Zodia, Mengusir Nyamuk

13 komentar

Musim hujan tiba, dan ancaman nyamuk pasti datang. Penyakit endemik yang rutin mewabah adalah demam berdarah (DB) yang banyak merenggut nyawa. Di sinilah menjadi bermanfaat apabila kita menanam zodia di sekitar rumah kita. Tanaman hias yang punya manfaat sebagai pengusir nyamuk ini, ada baiknya ditanam di sekitar rumah kita. Tanaman asli tanah Papua ini, nama latinya Evodia suaveolens, termasuk dalam keluarga Rutaceae. Daun Zodia mengandung linalool (46%) dan a-pinene (13,26%) . Litasol inilah yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk.

Untuk menghalau nyamuk, petik daunnya dan kemudian oleskan ke kulit. Cara ini sudah lama dilakukan oleh penduduk tanah Papua apabila hendak masuk ke hutan. Untuk menghalau nyamuk di rumah, apabila rumah kita sirkulasinya baik, tiupan angin akan membawa aroma wangi zodia masuk ke sudut-sudut ruangan dan dengan demikian, nyamuk menjadi jauh dan kitapun menjadi merdeka dari gigitan nyamuk-nyamuk yang nakal.

Bagaimana budidayanya? Tanaman ini mudah diperbayak. Ada dua cara, yang bisa dilakukan. Melaui biji atau stek ranting. Zodia yang berbunga, bungakanya akan menjadi biji dan bijinya akan jatuh. Biji itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. Cara kedua dengan stek rating. Tentu stek hanya bisa dilakukan pada zodia yang sudah berbunga. Taman yang tingginya antara 50 cm sampai 200 cm ini mudah menanamnya dan manfaatnya luar bisa.


[Selengkapnya]

post signature