TIP Memaksa Adenium Berbunga

5 komentar

Adenium tanpa bunga, tentu tidak menarik. Salah satu pesona adenium justru dari bunganya. Meski demikian, banyak pehobi Adenium yang tak habis mengerti mengapa tanamannya tak kunjunng berbunga.

Ya memang ada beberapa jenis adenium yang tidak begitu rajin berbunga. Seperti malas dan ogah untuk mengeluarkan bunganya. Diantara jenis Adenium yang rajin berbunga adalah Eye of the storm, Beuty of Taiwan, La ong thong, Carmelo, , Mora dok lok-----sekedar untuk menyebut diantaranya. Bagaimana cara agar Adenium bisa berbunga?

Tekniknya sangat sederhana. Kita kembalikan kepada habitat asli tanaman ini, pada dasarnya tanaman gurun yang serba kekurangan makanan serta unsur hara. Di habitat aslinya, sangat musim panas menyengat tiba, Adenium justru mengeluarkan pesonanya dengan berbunga.

Salah satu cara untuk membuat Adenium berbunga, ini mengacu kepada habitat aslinya, adalah dengan mengurangi atau meminimalisasi siraman air dan membiarkan sinar matahari sepenuhnya. Cara ini disebut dengan stressing. Jadi biarkan Adenium kekuarangan air dan disengat panasnya matahari. Jangan kuatir ia akan mati. Tanaman ini cukup kuat untuk menderita.

Nanti akan muncul kuncup bunga diberangi dengan rontoknya daun-daun satu persatu. Itu tandanya kita telah berhasil memaksa Adenium untuk berbunga. Selamat mencoba (titi rs)
[Selengkapnya]

post signature

Saat Mentari Cerah, Bersinar Bunga Matahari

2 komentar


Tentu bunga ini tak asing bagi kita semua. Jika berbunga, bentuknya yang bulat tak ubahnya cawan dengan mahkota seperti pita. Diantara panasnya sinar mentari, warna kuning bunga ini menonjol menembus setiap kornea mata yang melihatnya. Bunga ini selalu mengikuti arah perjalanan matahari. Saat siang hari, saat kehangatan mentari menyinari bumi, bunga ini dengan gagahnya tegak berdiri dan sebaliknya, saat mentari tenggelam diufuk barat hingga fajar pagi. Ke gagahan bunga mentari tak kelihatan. Ia tertunduk lelap.

Nama latin bunga matahari adalah helianthus annuus. Bunga berwarna kuning ini merupakan tumbuhan tahunan. Disebut bunga matahari, salah satunya, karena tumbuh kearah matahari. Dalam klasifikasi ilamiahnya, bunga matahari masuk dalam kerajaan Plantea, divisionya Mahnoliophyta, kela Mafnoliopsida. Ordonya Asterales, Falilia Asteraceae, genusnya Helianthus.
Banyak khasiat dari bunga ini. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside A-B-C, asam oleanolat, dan asam echinocystat. Untuk bijinya, terdapat kandungan beta sitosterol, prostagladin E, asam chlorogenic, asam quinat, phytin, dan 3-4 benzopyrine. Dalam setiap setiap seratus gram minyak biji bunga matahari, terdapat lemak dengan total seratus, yang terdiri dari lemak jenuh 9,8 dan lemak tak jenuh (oleat) sebanyak 11,7. Selebihnya terdapat linoleat sebanyak 72,9 dan sisanya tak mengandung kolesterol.

Setiap bagian bunga ini memiliki khasiat. Bunganga bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah dan mengurasi rasa sakit. Sementara bijinya bisa digunakan sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan yang banyak. Sedang daunya, berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Demikian halnya akarnya, bisa untuk antiradang, pereda batuk, peluruh air seni, dan analgesik. Sumsum batangnya juga bisa dipakai untuk merangsang enegergi vital, menenangkan liver dan analgesik.

[Selengkapnya]

post signature